Persamaan Anak Indigo dengan Bipolar Disorder

Ada hal yang menarik ketika memperbicangkan anak indigo karena sebagian ciri-ciri anak indigo sama dengan penderita bipolar disorder. Beberapa penderita bipolar disorder juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan anak indigo.

Apakah ini sebuah kebetulan atau bukan, belum diketahui secara pasti. Ciri-ciri tersebut membuat sebagian orang berpikir bahwa anak indigo rentan terhadap bipolar disorder. 

Apa sajakan persamaan-persamaan anak indigo dan bipolar disorder secara umum? Berikut ini beberapa kesamaan mereka. 

Persamaan Anak Indigo dan Bipolar

Persamaan Anak Indigo dan Bipolar No #1: Emosi Labil

Anak indigo dan penyandang bipolar disorder sama-sama berada pada kondisi yang labil. Seperti diketahui, penyandang bipolar disorder mengalami mood swing dimana mood mereka dapat berubah dengan drastis. 

Perubahan mood yang ekstrim ini merupakan gangguan utama yang berimpak terhadap kesehatan. Rasa gembira yang berlebihan dan rasa sedih yang mendalam merupakan ciri dari emosi labil penderita bipolar disorder.

Persamaan-persamaan anak indigo dan bipolar disorder
Begitu pula dengan anak indigo. Mereka memiliki tingkat empat yang sangat tinggi yang justru menjadikan emosi mereka labil. 

Emosi yang labil ini merusak kekuatan jiwa. Sehingga pada akhirnya berbagai kelemahan psikis mudah bersarang. 

Contohnya rasa sedih, khawatir, cemas, takut, tidak berdaya, frustasi, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. 

Berbagai perasaan negatif tersebut mencegah anak indigo dan bipolar disorder mencapai tingkat kematangan emosional. 

Persamaan Anak Indigo dan Bipolar Disorder No #2: Energi Besar

Anak indigo dan penyandang bipolar disorder sama-sama memiliki energi besar pada waktu-waktu tertentu. Penderita bipolar kelebihan energi ketika berada pada episode mania. 

Energi berlebih ini berdampak pada berkurangnya kebutuhan tidur, grandiositas (percaya diri berlebih), banyak ide, kreatif, bicara lebih banyak dan cepat, dan libido yang meningkat. 

Begitu pula yang terjadi dengan anak indigo. Mereka memiliki energi besar yang membuat mereka tampak kesulitan mengendalikan dorongan internal. 

 

Persamaan Anak Indigo dan Bipolar No #3: Curiosity

Anak indigo dan bipolar disorder sama-sama memiliki tingkat curiosity yang sangat tinggi. Anak-anak indigo biasanya kekurangan bahan untuk memenuhi keingintahuannya. Mereka sama-sama suka membaca demi memenuhi rasa ingin tahunya.

Apakah anak-anak indigo rentan terhadap bipolar disorder? Beberapa penyandang bipolar pernah mengalami gejala seperti anak indigo, misalnya bisa membaca karakter seseorang, mendengar sesuatu yang tidak dapat didengar oleh orang lain, atau kejadian-kejadian di luar nalar lainnya.