Anak Indigo Adalah Kelemahan, Mengapa?

Kelemahan-kelemahan anak indigo yang tidak diketahui
Sejauh ini anak indigo diekspos sebagai seseorang yang memiliki kelebihan tertentu. Karakteristik dan ciri-ciri yang melekat pada mereka menegaskan bahwa mereka anak-anak istimewa.

Betapapun demikian, perlu adanya informasi/pandangan penyeimbang mengenai hal itu. Benarkah indigo merupakan suatu kelebihan? Atau malah sebaliknya sebagai kelemahan?

Dengan melihat fenomena indigo secara lebih objektif, barulah kita dapat memahami apa sebenarnya indigo, apakah menguntungkan, melemahkan, bermanfaat, atau merugikan? 

Kelemahan Anak Indigo Dari Psikis

Dibalik kelebihan-kelebihannya, anak indigo sebenarnya memiliki kelemahan ditinjau dari sisi psikisnya.  Apapun bentuknya kelemahan psikis mengganggu seseorang dalam menjalani arungan kehidupan ini.

Menjejah bumi yang terkadang penuh dengan gelombang, memerlukan kekuatan yang berada di relung-relung jiwa. Masalah kekuatan jiwa ini-lah yang paling sering dihadapi oleh anak-anak indigo.

Untuk lebih memahami lebih jauh, di bawah ini beberapa kelemahan yang ada pada anak indigo.
  • Emosi tidak stabil 
  • Energi yang berlebih/kurang
  • Pikiran Tidak Fokus
  • Mudah Sedih
  • Merasa Bersalah
  • Putus Asa
  • Melihat dunia dari sisi kelam
Karena masalah-masalah tersebut berada pada aras psikis, maka mereka juga rentan mengalami gangguan psikis. Maka ada beberapa anak indigo yang kemudian menderita gangguan bipolar disorder, borderline personality disorder, atau major depression.

Baca juga: Menguak Kelebihan Anak Anak Indigo

Gangguan-gangguan tersebut lebih sulit untuk disembuhkan karena tidak kasat mata. Letak "luka"nya ada pada pikiran dan perasaan. Sehingga  masyarakat awam tidak melihatnya sebagai "penyakit" atau acapkali dianggap tidak memiliki masalah.

Masalah Mereka Lebih Berat

Padahal sesungguhnya masalah yang dihadapi oleh orang-orang dengan gangguan psikis lebih berat. Mereka menanggung beban yang tidak terlihat. Beban tersebut menjadi semacam tekanan yang menguras energi, baik energi berpikir maupun perasaan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika mereka agak kesulitan berbahagia dan menikmati kehidupan ini. Inilah yang saya maksud dengan "menguras perasaan."

Gangguan Fisik

Gangguan-gangguan psikis ber-impak pada kelemahan fisik. Hal ini sudah umum diketahui. Seseorang yang mengalami tekanan psikis mudah terserang oleh berbagai penyakit.

Mula-mula diawali dengan menurunnya daya tahan tubuh (imunitas). Kemudian penyakit-penyakit ringan seperti flu dan sejenisnya. Namun karena daya tahan tubuh tidak kembali fit, berbagai penyakit dengan mudah melekat ke tubuh.

Fibromyalgia

Gangguan fisik yang diawali oleh gangguan psikis biasanya sulit diketahui penyebabnya. Gejalanya mirip dengan penyakit fibromyalgia. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:
  • Letih di seluruh tubuh
  • Pegal yang tidak kunjung sembuh
  • Masalah dengan tidur (sleep disorder)
  • Masalah dengan makan (tidak berselera/berlebihan)
  • Sakit kepala/migrain
  • Kulit gatal/panas
  • Pegal pada betis
  • Merasa lelah di pagi hari
  • Mual dan ingin muntal
  • Kehabisan energi
  • Mengalami depressi di dalam (tidak tampak oleh orang lain)
Jika seseorang mengalami masalah tersebut dalam jangka waktu lama, hal ini dapat menghambat kehidupannya. Ia kesulitan untuk meraih masa depannya karena harus bergulat dengan dirinya sendiri dari waktu ke waktu.

Dan perlu diketahui, mayoritas penderita fibromyalgia baru mengetahui bahwa ia mengalami gangguan kesehatan setelah 15 tahun. Bahkan lebih dari itu.

Anak Indigo dengan Kemampuan Membaca Karakter Orang

Dapat membaca sifat seseorang meskipun baru sekali berjumpa bisa jadi merupakan anugerah. Kita seolah-olah sudah mengenalnya, bahkan jauh lebih baik daripada orang lain yang sudah lama mengenalnya.

Tetapi mengapa banyak anak indigo yang akhirnya menghadapi masalah dengan kemampuan ini? Karena kemampuannya ini mereka terkadang sulit berteman, bahkan sulit mendapatkan pasangan.

Jawabannya karena mereka lebih banyak melihat sisi  buruk seseorang dibandingkan dengan sisi baiknya. Orang yang baikpun memiliki sisi buruk.

Masalahnya menjadi besar karena seorang anak indigo melihat keburukan dari pikiran orang. Padahal keburukan yang masih berada di "pikiran" sebenarnya masih dapat dihadapi.

Misalnya ada orang yang suka memberi, namun dalam pikirannya ia menginginkan pujian dari orang lain. Kemampuan membaca karakter anak indigo adalah kemampuan membaca motif dibalik perbuatan seseorang. Sehingga hal ini membuat mereka melihat bahwa "tidak ada" orang baik dalam kehidupan ini.

Maka...

Ditilik dari berbagai sisi, indigo memiliki manfaat dan mudarat. Namun sisi mudharatnya lebih besar dibandingkan manfaatnya. Anak-anak indigo yang berhasil disembuhkan pada akhirnya dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia.

Ya, indigo bisa dihilangkan alias disembuhkan. Dari pengakuan mereka yang menghilangkan kemampuan indigonya, mereka merasa lebih nyaman, lebih tertata, dan menikmati kehidupannya.