Cara Mencegah Stroke Dengan Pola Hidup Sehat

Di Amerika Serikat dan Eropa, penyakit stroke merupakan penyakit penyebab kematian ke-tiga. Sedangkan data di Indonesia, stroke berada di urutan pertama. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke?

Stroke acapkali merupakan penyakit komplikasi. Penderita stroke pada umumnya juga menderita penyakit lainnya. Tiga penyakit yang paling "dekat" dengan stroke adalah diabetes melitus, hipertensi (darah tinggi), dan kolesterol tinggi.

Seseorang mengidap diabetes melitus atau hipertensi sangat rentan terhadap serangan stroke. Oleh karena itu, menghindari penyakit tersebut merupakan cara mencegah stroke juga. 


Cara Mencegah Stroke 

Hindari Stress, Hidup dengan Tenang

Kiat-kiat dan cara mencegah stroke dengan mudahTidak dapat disangkal, faktor stress merupakan pemicu dari berbagai penyakit. Beban stress yang terlalu lama dapat mengakibatkan rupa-rupa penyakit: burnout disorder, hipertensi, fibromyalgia, fatique sindrom, dan penyakit-penyakit lainnya. 

Amarah yang membara namun tidak tersalurkan juga menjadi penyebab dari stroke, demikian menurut riset sebagaimana dilansir MNT. Rasa frustasi yang mengakibatkan stress menjadi penyebab dari stroke. 


Kendalikan Tekanan Darah

Cara mencegah stroke selanjutnya adalah dengan mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi berkontribusi terhadap stroke. Sebagian besar penderita stroke menderita hipertensi.

Jenis stroke yang biasanya diawali oleh darah tinggi adalah stroke hemmorhagic, yaitu stroke akibat pecahnya pembuluh darah. Sel-sel dan jaringan saraf di otak pecah dan menimbulkan kerusakan. 

Jika Anda menderita darah tinggi, kurangi asupan garam. Cara ini cukup efektif untuk menjaga tekanan darah sehingga tidak melebihi batas normal. 

Olah Raga Secara Teratur

Olah raga merupakan cara mencegah stroke yang cukup efektif. Dengan olah raga, kinerja jantung menjadi lebih sehat, berbagai racun tubuh keluar bersama keringat, dan olah raga dapat pula mengurangi tingkat stress. 

Setidaknya lakukan aktivitas fisik selama 20 menit dalam sehari. Berjalan kaki atau jogging sudah cukup untuk melancarkan metabolisme tubuh. Cara yang sangat murah dibandingkan bila harus mengobati penyakit stroke.

Kendalikan Gula Darah

Orang dengan gula darah tinggi juga beresiko tinggi terkena stroke. Maka cara mencegah stroke berikutnya adalah dengan menjaga kadar gula darah. 

Bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, sangat dianjurkan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Olah raga, hidup tanpa stress, dan pola makan yang sehat merupakan cara mencegah diabetes melitus sekaligus cara mencegah stroke. 

Apa saja yang perlu dihindari agar kadar gula darah normal?
  • Perbanyak asupan buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Kurangi makanan dari bahan olahan tepung
  • Aktivitas fisik
  • Hindari asupan gula
  • Hindari makan besar di bawah jam 5 sore
Bahan olahan dari tepung (padi-padian) merupakan penyumbang utama meningkatnya gula darah.  Oleh karena itu hindari makanan dari padia-padian, baik yang olahan maupun non-olahan. 

Hindari juga sayuran yang mengandung tepung. Biasanya sayuran yang berupa umbi-umbian. Karena umbi-umbian termasuk tepung.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat, maka sebenarnya kita telah menerapkan cara-cara mencegah stroke.