Kenapa Orang Bersyukur Lebih Sukses?

Ya, mengapa orang-orang bersyukur lebih sukses? Berbagai penelitian mengungkapkan orang-orang bersyukur relatif lebih sukses: baik dari segi kesehatan, finansial, maupun hubungan. 

Jika Anda mampu membenamkan rasa syukur ke sekujur tubuh, maka sudah pasti akan mendapatkan berbagai manfaat yang mendukung kesuksesan. 

Rasa syukur juga semacam booster  bagi mereka yang ingin meraih cita-citanya. Hampir seluruh potensi manusia dapat terksplorasi optimal manakala disentuh oleh syukur.

Kedahsyatan Bersyukur pada Lini Kehidupan

Bersyukur dapat menciptakan kesuksesan

 

Bersyukur: Optimis, Bahagia, dan Sehat

Dr. Robert A. Emmons bersama rekan-rekannya dari University of California pernah meneliti dampak bersyukur. Maka inilah fakta ilmiahnya.

Mereka yang bersyukur terbukti berada di jalur optimis dan merasakan kehidupan yang lebih baik. Artinya mereka dapat lebih berbahagia. Dan yang cukup mengejutkan adalah kesehatan mereka-pun jauh lebih baik.

Hal ini berlawanan dengan orang-orang yang banyak mengeluh. Kelompok yang mengeluh justru mendapati diri mereka berada dalam kesulitan dan hidup yang kelam. 

Dr. Robert menggunakan metode yang cukup sederhana. Ia membagi relawan ke dalam dua kelompok: kelompok bersyukur dan kelompok mengeluh. 

Kelompok bersyukur diminta menuliskan kalimat yang berisi ungkapan bersyukur setiap hari, sedangkan kelompok mengeluh menuliskan kalimat yang tentunya berisi keluhan. Hal ini dilakukan selama 10 minggu. 

Maka dari itu, di zaman yang berkelindan dengan media sosial sudah seharusnya kita tidak sembarangan menulis status. Karena setiap kalimat itu berdampak terhadap kondisi kita secara keseluruhan. 

Bersyukur Memperbaiki Hubungan

Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan bersyukur hubungan antara pasangan akan menguat. Mereka yang bersyukur atas anugerah pasangannya merasakan cintanya bertumbuh dari waktu ke waktu. 

Di samping itu, pasangan yang sama-sama bersyukur merasakan ketenangan dalam hubungan yang mereka jalani Maka, jika hubungan Anda tidak mungkin ada baiknya mengevaluasi diri sendiri. Apakah selama ini sudah bersyukur ataukah tidak?

Bersyukur Menarik Banyak Kesuksesan

Kita diajarkan bahwa salah bentuk bersyukur adalah dengan berterimakasih kepada sesama manusia. Bahkan apabila ada seseorang yang telah memberi, maka balaslah dengan yang lebih baik. Atau yang senilai dengannya.

Penelitian di University of Pennsylvania menguak keampuhan bersyukur tadi. Para pimpinan yang secara tulus berterimakasih kepada bawahannya mendapati bawahannya bekerja lebih ekstra. 

Begitu pula jika rasa terimakasih yang tulus kepada customer, terbukti menjadikan customer semakin loyal. Seberapa besar perbedaan sukses antara yang berterimakasih dan yang tidak? Faktanya perbedaan tersebut mencapai 50%.

Maka jika Anda ingin meningkatkan laba hingga 50% lebih, maka bersyukur kepada Tuhan dan berterimakasih secara tulus kepada customer adalah cara termudah untuk mencapainya. 

Bersyukur Menciptakan Mental Kaya

Ketika seseorang bersyukur atas semua karunia yang ada padanya, maka secara tidak langsung ia merasakan bahwa Tuhan mencurahkan kasih sayang kepadanya.

Ada banyak hal yang ia terima dalam hidup ini. Mulai dari yang terlihat maupun yang tidak. Mulai dari kecerdasan hingga segelas air putih. Pola perasaan semacam ini menciptakan mental kaya; dimana ia merasa memiliki banyak hal dalam hidup ini. 


Bersyukur Mengundang Kekayaan   

Setelah menciptakan mentalitas kaya, bersyukur pada dasarnya mendengungkan kekayaan tersebut ke seluruh alam semesta. Sehingga seorang yang bersyukur memancarkan frekuensi kaya yang pada akhirnya mengundang kekayaan lainnya. 

Sebagaimana dijelaskan dalam Law of Attraction, apa yang kita rasakan akan menarik berbagai hal yang sama dengan perasaan itu. Jika kita merasa kaya, maka pasti menarik kekayaan juga.

Itulah sedikit dari beberapa penjelasan saintifik mengapa orang bersyukur lebih sukses.