Beberapa Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional

Obat sakit gigi alami selain karena mudah didapatkan, juga karena efek samping yang relatif tidak ada. Beberapa cara mengobati sakit gigi secara tradisional juga terbukti efektif.

Akan tetapi perlu dicamkan bahwa merawat gigi jauh lebih baik guna mencegah timbulnya penyakit gigi. Tidak sedikit orang yang malas sekedar sikat gigi sebelum tidur padahal hal tersebut bermanfaat besar dalam mencegah sakit gigi. 

Kebersihan gigi dan mulut tidak hanya baik untuk kesehatan gigi. Kesehatan gigi berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Diketahui bahwa sakit gigi juga dapat berdampak pada kemunculan berbagai masalah kesehatan. Tentu saja wajar karena urat-urat saraf banyak terhubung ke gigi.

Itu pula sebabnya kita dilarang mencabut gigi justru ketika sakit gigi. Resiko gangguan penglihatan dan pendengaran merupakan dampak apabila mencabut gigi ketika adanya peradangan.

Cara Mengatasi Sakit Gigi


Cara mengobati sakit gigi dengan tradisional
Dua tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi adalah:
  • Menghilangkan rasa sakit gigi
  • Menyembuhkan sakit gigi
Rasa nyeri yang diakibatkan peradangan dan infeksi sangat mengganggu. Penderita sakit gigi lebih sensitif terhadap cahaya dan suara. Ditambah dengan sakit kepala yang berdenyut-denyut. 

Dalam kondisi seperti merusak mood; menjadi emosional dan mudah tersinggung. Oleh karena itu hal pertama yang mesti dilakukan adalah menghilangkan rasa nyeri tersebut. 

Untuk menghilangkan rasa sakit gigi tersebut dapat menggunakan es batu. Dibungkus dengan kain dan menempelkannya ke pipi. Cara ini tidak berbeda jauh dengan obat-obat sakit gigi kimiawi. Karena pada dasarnya sekedar menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Tindakan berikutnya tentu saja menyembuhkan sakit gigi yang merupakan sumber dari rasa sakit tersebut. Di bawah ini beberapa cara mengobati sakit gigi secara tradisional.

Bawang Putih Antibiotik Sakit Gigi Alami

Urutan nomor satu sebagai obat sakit gigi alami adalah bawang putih. Bawang putih merupakan antibiotik alami. Oleh sebab itu, bawang putih merupakan obat sakit gigi paling mujarab. Selain sebagai antibiotik sakit gigi, bawang putih berperan sebagai anti-peradangan. Dua fungsi tadi adalah faktor penting dalam mengobati sakit gigi.

Air Garam

Air garam juga merupakan anti biotik alami. Menurut beberapa penelitian, menggunakan air garam sebagai anti-biotik lebih aman dibandingkan dengan lainnya. 

Air garam dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit gigi. Gunakan sebagai air kumur. Usahakan mengenai bagian gigi yang sakit. 

Antiobiotik dengan air garam lebih baik dibandingkan dengan bahan kimiawi karena tidak membunuh seluruh bakteri. Mikro-organisme yang memang dibutuhkan tubuh tetap hidup.


Bekicot

Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan bekicot sebagai obat sakit gigi tradisional. Adapun caranya dengan mengambil lendir dan mengoleskannya ke gigi yang sakit. 

Belum ada penelitian mengenai hal apa yang dikandung dalam lendir bekicot. Hanya saja masyarakat lebih banyak mengikuti informasi mulut ke mulut. Itulah beberapa cara mengobati gigi secara tradisional, khususnya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.